cursor: url("https://lh3.googleusercontent.com/-0sU95pMQO-E/TWUlx0EmpoI/AAAAAAAABzs/nrhrbQSo1Ck/s32/arrowq.gif"), default;

Pages

Kamis, 22 November 2012

Beberapa Macam Alat Musik Tradisional Indonesia

A. ALAT MUSIK PUKUL
1.GAMELAN
Gamelan terdiri atas beberapa kelengkapan seperti; gong, gendang, bonang,gambang, dan rebab ( alat musik gesek ). Gamelan terdapat terutama di Pulau Jawa dan Bali.
Alat ini terdapat juga di daerah Indonesia bagian lain dengan nama dan perangkap yang tidak lengkap antara lain di Batak, Minangkabau, toraja, Buton, Maluku dan Kalimantan.
 
2. GONG
Gong terbuat dari logam pipih dengan benjolan di tengahnya. alat musik ini terdapat di daerah Jawa, Bali, dan daerah bagian lainnya.
 
3. KOLINTANG
Sejenis gambang dari kayu Khas Minahasa dengan jajaran bilah-bilahnya pada kotak resonansi,dan dimainkan dengan cara berdiri.

B. ALAT MUSIK TIUP


1. SULING
Terbuat dari bambu dengan berbagai variasi, terdapat di hampir di seluruh Indonesia.
2. SERUNAI
Serunai adalah semacam terompet yang terdapat di Sumatera, juga terdapat jenis yang serupa di Jawa Barat dengan nama Tarompet, di Jawa Timur dengan nama Sronen, di Sulawesi Selatan dengan nama Puwi-puwi.
3. SANGKA 
Alat musik tiup ini terbuat dari siput atau kerang besar berongga. Di salah satu sisi kerang di buat lubang sebagai sumber bunyi. alat musik ini banyak tersebar di Minahasa, Halmahera, P. Seram dan Kepulauan Kei.
 

C. ALAT MUSIK PETIK


1. KECAPI
Alat musik petik ini memakai jajaran dawai panjang pendek dengan tabung resonansi yang terbuat dari kotak kayu, Kecapi ini terdapat di daerah Jawa barat.
 


2. SASANDO
Sasando adalah alat musik yang terbuat dari daun lontar dengan bambu berongga dan di lengkapi dengan 36 dawai, Sasando terdapat di daerah Timor.
 
3. CELEMPUNG Atau SITER
Siter adalah sejenis kecapi dengan jajaran dawai, memakai tabung resonasi yang bertumpu pada kaki penunjang. Alat musik ini terdapat Di Pulau Jawa.

D. ALAT MUSIK GESEK


1. REBAB
Rebab adalah alat musik gesek dengan satu dua senar atau dawai. Alat musik ini terdapat hampir di seluruh wilayah Indonesia dan sebagai pengaruh kebudayaan Islam.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 Music. Design by WPThemes Expert
Blogger Templates by Buy My Themes.